Thursday, January 27, 2011

Dana kuliah

Sejak menemukan tools untuk menghitung perkiraan dana pendidikan Mira di www.qmfinancial.com, saya jadi kehilangan minat untuk belanja2 spontan tanpa perencanaan.

Deretan angka nol di belakangnya itu lho yang bikin lidah jadi pahit. Yang saya hitung adalah dana untuk persiapan kuliah, karna pada usia tersebut suami sudah mendekati masa pensiun dan saya ngga ingin Mira putus kuliah karena kehabisan dana.

Nabung? Dengan penghasilan saat ini kayaknya ngga bakal nyampe. Terimakasih banyak pada internet hingga akhirnya saya menemukan www.portalreksadana.com. Dengan registrasi menjadi member (gratis, cukup dengan email) saya bisa menggunakan fitur My Plan. Di sini saya mencoba mengkalkulasi berapa dana yang perlu disisihkan untuk dimasukkan dalam instrumen reksadana tiap bulannya sehingga bisa mengcover dana kuliah Mira. Dalam perhitungan ini digunakan asumsi inflasi pendidikan adalah 20% setahun, sehingga jenis reksadana yang cocok dengan return di atas 20% setahun adalah reksadana saham. Berikut hasil perhitungannya.

Libur dulu deh belanja impulsifnya, mari menahan diri untuk masa depan yang lebih baik. ;)

Saturday, January 8, 2011

Almira-9-month-old


Pertama kali main air di kolam. Girang banget. Biasanya cuman kecipak-kecipuk di bak mandi. :)