Wednesday, August 3, 2011

Murah mana, bunga flat atau efektif?

Masih berdasarkan simulasi dari postingan ini, kita hitung total bunga yang dibayar selama jangka waktu kredit.

Bunga flat
Maksimum kredit = 160.000.000
Bunga flat = 10% pa (per tahun)
Jangka waktu = 5 tahun
Total bunga yang harus dibayar = 10% x 160 jt x 5 = 80jt

Bunga efektif
Maksimum kredit = 160.000.000
Bunga efektif = 11,5% pa (per tahun)
Jangka waktu = 5 tahun
Total bunga yang harus dibayar :




Terlihat bahwa jumlah bunga yang harus dibayar lebih murah untuk kredit dengan bunga efektif untuk rate bunga efektif yang lebih besar.

Sebagai pedoman, untuk bunga flat 6,5% maka jumlah bunga yang harus dibayar kurang lebih sama dengan bunga efektif 11,5%.

Untuk bunga flat 6,5% maka total bunga yang harus dibayar adalah :
6,5% x 160 jt x 5 = 52 juta.
Selain itu, apa perbedaan bunga flat dan efektif?
  • Rate bunga flat akan tetap (fixed) selama jangka waktu kredit, sedangkan bunga efektif bisa berubah (floating) sesuai kondisi pasar (umumnya tergantung BI rate). Jika mengambil kredit dengan bunga flat maka nasabah dapat mengalokasikan budget bulanan untuk membayar angsuran tanpa kuatir besar angsuran akan berubah.
  • Untuk kredit dengan bunga flat tidak ada opsi extra payment seperti bunga efektif. Extra payment adalah opsi untuk mengurangi pokok pinjaman. Misalnya, kita punya dana 40 juta, maka pokok pinjaman sebesar 160 juta bisa dikurangi menjadi 120 juta dengan extra payment. Sehingga angsuran bulanan yang harus dibayar setelahnya menjadi lebih kecil.
  • Jika kita akan melakukan pelunasan kredit bunga flat, selain membayar sisa pokok pinjaman kita juga harus membayar seluruh sisa bunga selama jangka waktu kredit. Sedangkan untuk kredit bunga efektif, cukup membayar pokok + bunga bulan berjalan. Lebih murah tentunya.

3 comments: