Saturday, September 17, 2011

Belajar mengatur keuangan bersama Kontan

logo_kontan





'Punya anak mengubah segalanya', saya baca kutipan ini entah di mana. Dan itu benar adanya. Sejak punya Mira saya jadi semakin concern sama yang namanya perencanaan keuangan keluarga atau family financial planning. Kalo sebelumnya cuman sekedar menyisihkan pendapatan untuk tabungan, sekarang sudah ‘naik kelas’ jadi berinvestasi untuk dana pendidikan anak dan dana pensiun.

Untungnya sekarang zaman internet. Dari hasil join beberapa forum ibu-ibu muda, jadi follower beberapa perencana keuangan independen di twitter, saya pun mulai belajar tentang reksadana. Dengan pengetahuan minim saya dan suami pun bingung memilih reksadana mana yang cocok untuk tujuan finansial keluarga kecil kami. Dari salah satu forum yang saya ikuti, salah satu member sempat menyebut terbitnya tabloid Kontan edisi khusus Memburu Reksadana Jagoan. Buru-buru saya ke kios koran dekat kantor saat istirahat makan siang. Ternyata habis. Pulang kantor coba-coba ke kios yang agak jauh, habis juga. Pikir saya kalo cepet sekali habisnya berarti info yang ada di situ worth to buy.

Akhirnya sms suami untuk bantu nyari edisi ini. Alhamdulillah dapet di kios dekat kampusnya. Setelah baca sampai teliti masing-masing jenis reksadana yang direview Kontan, kami pun mantap memilih produk yang insya Allah bisa memenuhi kebutuhan dana kuliah Mira 17 tahun lagi dan dana pensiun Bapake Mira 25 tahun lagi.

Dari tabloid Kontan ini, saya jadi kenal Kontan online di www.kontan.co.id. Dan web ini sekarang jadi web wajib baca tiap hari karena infonya komplit. Sebagai investor pemula, sempat ketar-ketir juga lihat NAB reksadana yang naik turun ikut IHSG. Tapi karena kami invest tidak sekaligus besar, tetapi rutin bulanan sedikit-sedikit kekhawatiran ini terkikis pelan-pelan. Dengan baca-baca di rubrik Experts Go Blogging saya jadi banyak belajar tentang seluk-beluk berinvestasi di bursa saham.

Daripada repot-repot belajar sendiri, atur keuangan sendiri, kenapa ngga pake jasa financial planner aja?
We’re still not afford to pay their fee :p. Lagi pula sejauh ini kami bisa disiplin untuk menjalankan rencana keuangan sederhana keluarga kami. Dan kami juga sangat terbantu dengan adanya rubrik Personal Finance di Kontan online, di mana penulisnya adalah para perencana keuangan independen. Mereka ngga pelit berbagi ilmu, tulisannya mudah dipahami dan informatif. Tipsnya juga bisa dipraktekkan dan ngga membuat kami harus mengencangkan ikat pinggang.

Zaman sekarang cari ilmu bermanfaat bisa dari mana aja. Lewat internet juga bisa. Dan Kontan Online salah satu sumbernya.

2 comments: